Mengatasi Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus Mati Total (matot) atau Handbrick

Posted on

Halo sobat septila? apa kabar? semoga sehat dan masi tetap dalam Ridah Tuhan Pemilik Alam sekalina dan sekali-kali kita tidak bisa menghindar dari ke esaan sang pencipta. oke langsung saja kali ini admin mau berbagi sedikit tentang cara mengatasi atau memperbaiki Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus yang mengalami HandBrick atau tidak hidup, atau bisa juga kita sebuat mengatasi Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus Bootlop atau hanya menampilkan Logo Mi. hanya stuck brick di situ dan tidak mau masuk ke dalam system atau menu pada Xiaomi kesayangan kamu.

Baiklah kenapa admn membuat tutorial ini, dikarenakan banyak juga rekan-rekan sekalian yang pasti mengalami kegagalan dalam flash atau install ulang Xiami nya, dan tentu pasti teman-teman juga mencari-cari bagaimna untuk mengatasi Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus yang mengalami kegagalan Flash atu saat install ulang tidak sempurna sehingga terjadi error dana bahkan tidak hidup sama sekali. wow! pasti sangat serem yah mengalami situasi seperti itu? tapi tenang jangan di jual dulu Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus nya. coba deh temen-temen ikutin tutorial dari admin septila kali ini, siapa tahu temen-temen pembaca berhasil juga seperti yang pernah Admin alami.

cerita sedikit, jadi cerita nya begini, waktu itu admin melakukan Unlock Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus ane, berhasil, setelah itu ane pasangin TWRP juga berhasil, kemudian ane melakukan Root pada Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus juga berhasil, namun secara tidak sadar ada kendala yaitu sinyal atau SM Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus ane tidak terdeteksi, lalu ane ingin mencoba mengantti TWRP yang terbaru untuk Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus yaitu Versy 7.0, dan berhasil. namun setelah itu timbul masalah baru yaitu system root nya error tidak sesui dengan TWRP yang di pasang, Alhasil Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus ane error tampil namun Akses untuk membuka Kunci atau LockScreen tidak muncul.

berlanjut ane mau mencoba mengganti TWRP kembali sebelumnya seting dan Flash Adb untuk seting TWRP pada mode fastboot, kemudian ane restart system eh malah tiba-tiba system Operasi sudah hilang, setiap kali restart system selalu masuk ke mode TWRP, saya pun sedikit panik dan mencoboba Mount Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus juga gagal, dan saya cek pada TWRP Installer memory menunjukan 0MB dan semakin panik lah saya cari kesana kemari ga nemu solusi, akhirnya saya mencoba solusi yaitu mengembalikan System EDL menggunakan Adb pada Mode Fastboot. dan berhasil kemudian ane Coba Flash Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus menggunakan MiPC Versy China langsung kedetek dan Flash atau install pun berjalan lancar dan mulus.

setelah selesai Install atau Flash hidup normal seperti sediakal, namun pa yang terjadi? ternyata Memory Internal atau ROM Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus berbuha hanya menjadi tinggal 5GB yang seharus nya 32GB. panik lagi, dan saya mengulangi hal-hal diatas. ketika memsaukan Perintah EDL pada mode fastboot menggunakan AdbFastboot dan saya melalukan restar atau Reboot system Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus malah yang terjadi Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus Mati Total atau Handbrick. semakin panik dan bahkan hampir menyerah dan ingin membuang HP saya. namun mencoba cara terahir yaitu mengatasi Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus yang mati total tidak hidup sama sekali bahkan di Chargerpun tidak ada respon dan ketika ana colok di komputer pun tidak ada tanda-tanda terdeteksi sama sekali pada Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus saya yang mengalami mati total atau Handbrick dan juga Stuck Brik.

lalu cara nya bagaimana? disini Admin sedikit berbagi tips jitu mengatsi hal tersebut

apa saja yang perlu kamu siapkana untuk melakukan hal ini?
-Siapkan Komputer atau PC Komputer yang menggunakan OS Windows 7 (64bit)
Driver Xiaomi Mi5 (apabila kamu sudah memiliki nya abaikan saja ini)
OS MIUI Untuk Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus kamu silahkan kamu pilih Versy kamu sendiri disini
MiFlash terbaru untuk Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus yaitu MiFlash 2016.08.30.0 langsung sedot saja!
-Kabel USB Original Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus kamu boleh minjem juga punya temen.
-Kawat atau timah, atau serabut tembaga atau pinset juga boleh, pilih salah satu saja.

Oke apa langkah selanjut nya?

-Kamu install driver yang kamu download tadi apabila belom di install  Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus
-Install Juga MiFlash yang kamu download tadi.
-Siapak Firmware atau Stock ROM  MIUI Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus yang kamu download, jangan lupa di Extrack file yang masih dalam bentuk tar tadi menggunakan aplikasi Extrack salah satu nya adalah Winrar, setelah ter Extrack, Lalu kamu Extrack sekali lagi sampai muncul Folder.
-Kamu Buka MiFlash yang sudah kamu install
-Setelah MiFlash terbuka, kamu pilih Select, kemudian pilih Folder yang kamu extrack barusan.
-Setelah kamu pilih folder nya ikuti Step berikut nya yang berkaitan dengan Hardware!

-Sekarang buka Body belakang atau Back Cover Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus kamu menggunkan Kop Kaca, kamu tarik saja, tidak usah takut pecah atau rusak. hehehe

-Selanjutnya kamu buka baut nya, pada penutup atau pelindung  PCB Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus kamu.

-Setelah terbuka seperti gambar diatas selanjutnya kamu perhatikan PCB seperti gambar di bawah ini, kamu perhatikan tembaga PCB yang terbuka yang saya tandai dengan warna kuning dan merah itu? hal ini adalah salah satu Jumper yang di gunakan untuk Flash atau Install OS Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus kamu yang sedang sekarat atau Stcuk brick. cara nya bagaimana langsung kita Next ke point selanjut nya.

-Kamu tekan Tombol Volume Atas (Sambil Di tahan, jangan di lepas), Lalu Kamu tekan tombol Power (Sambil di tahan masih dalam posisi menahan tombol Volume atas tadi), atau tekan Tombol Volume Atas dan Tombol power secara bersamaan!

-Masih dalam posisi menahan (memencet tombol power dan tombol volume atas), kamu colok kan kabel USB yang terhubung ke komputer yang dipakai untuk flash.

-Setelah USB terhubung ke PC dan HH  Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus kamu, selanjut nya kamu hubungkan menggunakan timah atau serat tembaga atau menggunakan pinset  anta Pin yang kami beri tanda warna Merah dengan Pin yang kami tandai dengan warna kuning.

-Kalau terhubung maka, PC Komputer kamu akan mengeluarkan suara USB terdeteksi dan muncul Notifikasi driver.

-Setelah PC Komputer sudah menunjukan terkoneksi dengan  Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus kamu, kemudaian kamu lepaskan tombol dan Jumper yang kamu pakai untuk Pin tadi.

-Selanjut nya kembali ke komputer, pada MiFlash yang masih terbuka tadi kamu pilih Refresh, maka akan menunjukan sebuah Device yang terdeteksi.

-Lalu kamu pilih Flash, dan tunggu samapai Finnish dan Succes.

-Setelah itu selesai, silahkan kamu hidup kan kembali  Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus, dan tunggu beberapa menit samapai  Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus Hidup normal kembali.

-Dari pengalaman Admin gagal 3x, admin coba sampai 4x Alhasil Alhamdulilah berhasil dan Normal kembali.

Iyap itu lah sedikit Tutorial mengatasi  Xiaomi MI 5/5s/Pro/Plus mati total atau Handbrick tidak bisa hidup atau hanya menampilkan logo MI saja, itu lah cara mengatasi nya. semoga bermanfaan dari pengalaman Admin berhasil 100%, semoga rekan juga berhasil, yang penting di ikuti secara pelan-pelan dan perlahan-lahan. terimkasih.

/script>
Hobby Berbagi Informasi penting dan menarik, Ngoprek yang bisa dioprek dan memiliki motto CREATIVE IS POWER